Wednesday 23 October 2019

Routing Ospf single area dan multi area

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya disini Muhammad Al-Farizi
akan sedikit menjelaskan tentang "Routing ospf"


A). PENGERTIAN
 OSPF ( Open Shortest Path First ). OSPF merupakan Routing Dynamic yang menggunakan protocol Link State, artinya dia akan memilih jalur berdasarkan kondisi link. Jika kondisi link itu bagus dan bandwidth nya juga bagus maka link itu lah yang akan digunakan.

 OSPF menggunakan algoritma Djikstra atau SPF ( Shortest Path First ) , yang mana algoritma ini memperbaiki informasi database dari informasi topologi , jadi OSPF ini akan mengetahui dengan pasti topologi yang kita buat, sehingga dalam pemilihan jalur akan lebih baik.
B.      Latar Belakang
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, maka semakin dipandang perlu pula tersedianya informasi yang cepat, tepat dan akurat di berbagai bidang kehidupan masyarakat. Pengelolaan data secara manual semakin dirasakan jauh dari efesiensi penanganan informasi yang cepat, tepat dan akurat seperti yang diharapkan. Oleh karena itu, kemudian dicari alternatif terbaik bagi pengelolaan data tersebut. Alternatif yang kemudian muncul dan semakin berkembang pesat saat ini adalah penggunanaan teknologi komputer untuk mengelola data-data tersebut. Apalagi untuk sebuah perusahaan tentunya pemakaian satu atau dua perangkat komputer saja tidak akan mencukupi, oleh karenanya dibutuhkan komputer dalam jumlah yang tidak sedikit. Agar tiap-tiap komputer dalam perusahaan tersebut dapat bertukar/sharing data dengan cepat dan akurat, maka masing-masing komputer ini harus saling terhubung satu sama lain. Untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain, diperlukan pemasangan jaringan komputer yang baik. Di sinilah letak pentingnya pengaturan dan perancangan yang baik dalam pembangunan sebuah jaringan komputer yang aman, efektif dan efesien.
Untuk merancang suatu jaringan yang baik, maka perlu dibuat suatu konfigurasi jaringan yang efesien agar diperoleh hasil pengaksesan tercepat. Metode konfigurasi jaringan yang paling tepat untuk mengatasi permasalahan kecapatan akses adalah metode Open Short Path First (OSPF), karena OSPF memiliki tingkat skalabilitas, reliabilitas, dan kompatibilitas yang tinggi.

C. Bahan-Bahan
 - CiscoPacketTracert
 - 3 Router
 - 2 kabel croos

D). Langkah-Langkah

Routing Ospf Single Area

1. Pertama kita buat topologi seperti di bawah ini
2. Setelah itu tambahkan ip pada tiap tiap router 




Router 2 :




Router 3 :


3. Setelah menambahkan ip pada tiap-tiap router, sekarang kita beri router id yaitu loopback.
Pada router 1,2,3


4. Kemudian konfigurasi router ospfnya pada tiap router 



Router 2 :



Router 3 


5. Selanjutnya kita cek tabel routing nya , maka akan muncul informasi Routing OSPF ,
yang di depannya ditandai huruf “O”


6. Kemudian kita test ping antar router 




Routing Ospf Multi Area

1. Pertama kita pisahkan antara Area 0 dan Area 10

2. Kemudian kita hapus semua konfigurasi ospf sebelumnya dengan perintah no router ospf 10


3. Jika sebelumnya kita mengguanakan id ospf 10 sekarang kita gunakan id ospf bebas saya memakai id 20
- Setelah itu di bagian Router 2 ini network int fa0/0 ini kita masukkan pada area 0 sedangkan int fa0/1 dan loopback kita masukkan pada area 10


Selanjutnya pada router 3


4. Kemudian silahkan cek tabel routing , dan pastikan sudah muncul tabel routingnya
dan ada perbedaan jika pada single area hanya "O" saja jika multi area bertambah "IA" yang artinya inter area



5. Selanjutnya test ping antar router


 Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa semakin berkembang pesatnya teknologi pada saat ini maka dibutuhkan suatukonfigurasi jaringan yang efesien agar diperoleh hasil pengaksesan tercepat, salah satu metode konfigurasi jaringan tersebut ialah metode OSPF (Open Shortest Path First).  
Routing Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah routing protocol standard terbuka yang telah diimplementasikan oleh sejumlah besar vendor jaringan. Alasan untuk mengkonfigurasi OSPF dalam sebuah topologi adalah untuk mengurangi overhead (waktu pemrosesan) routing, mempercepat convergance,serta membatasi ketidakstabilan network disebuah area dalam suatu network.

Cukup sekian penjelasan dari saya
kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamualaikum Wr.Wb


Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.