Friday 16 August 2019

Konfigurasi DHCP SERVER

Assalamualaikum Wr.Wb
Saya Muhammad Al-Farizi akan seidkit menjelaskan
tentang cara "Konfigurasi DHCP SERVER"


1. Pertama masuk ke dalam directory /etc/network/interfaces dengan perintah  nano /etc/network/interfaces. Lalu kita masukan IP ADDRESS nya dan Gateway seperti gambar dibawah ini.

2. Kemudian kita masuk ke dalam directory /etc/resolv.conf dengan perintah nano /etc/resolv.conf kalau sudah kita tambahan kan Gateway IP Address nya, seperti gambar dibawah ini. 


3. Setelah itu kita reboot, Seperti gambar dibawah ini.


4.  Kemudian kita chek IP Address kita apakah sudah terbuat yang tadi kita konfigurasi. Ketik ifconfig untuk melihat IP Address. 

 
5.  Aplikasi yang dibutuhkan untuk membuat dhcp server dii debian, yaitu isc-dhcpserver. Berikut perintah yang dapat kita gunakan untuk menginstall aplikasi tersebut. NB : Bagi yang belum ke install bisa ketik perintahnya seperti gambar dibawah lalu akan ada pilihan Y / N lalu anda pilih Y kemudian akan muncul tulisan DVD BINARY 2 kemudian anda masukan CD tersebut kemudian tekan ENTER. Dan tunggu prosesnya beberapa saat.


-Abaikan saja yang failed 

6.  Selanjutnya kita bisa langsung melakukan konfigurasi dhcp server, lakukan langkah berikut.

  • -          Pertama kita hapus tanda pagar subnet sampai tanda “ } “
  • -          Kemudian kita atur pembagian IP Address DHCP Server 
  • -      Kemudian kita konfigurasi seperti gambar dibawah ini.



7. Tahap selanjutnya kita masuk ke directory nano /etc/default/isc-dhcp-server kemudian kita masukkan nama interfaces yang sebelumnya kita konfigurasi. 

8.  Kemudian kita restart DHCP Server dengan perintah /etc/init.d/isc-dhcp-server restart

9. Sampai saat ini kita telah selesai melakukan konfigurasi dhcp server. Selanjutnya kita bisa melakukan pengujian dari komputer client. Karena nantinya komputer client akan mendapat ip address secara otomatis dari dhcp server, maka kita tidak perlu melakukan konfigurasi ip address secara manual di client. Kita cukup memilih obtain ip address automaticcally. Terlihat bahwa saat ini komputer client telah mendapat ip address secara otomatis dari dhcp server, perhatikan parameter ipv4 DHCP Server yang menunjukkan ip address dari dhcp server. 


10. Lakukan tes ping menuju ip address server nya


Cukup sekian penjelasan yang singkat ini
kurang lebihnya mohon maaf 
Wassalamualaikum Wr.Wb

Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.