Saturday 28 July 2018

Komponen²Komputer Dan Fungsinya

                                                         Komponen² Komputer



Motherboard 

Motherboard adalah komponen komputer tempat kita menancapkan atau memasangkan komponen² komputer lainnya seperti processor,video card,sound card,harddisk dan lainnya.Motherboard berfungsi  Untuk Menghubungkan setiap komponen²komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Setiap motherboard memiliki spesifkasinya masing², Seperti processor apa yang didukungnya dan berapa kapasitas maksimal ram yang didukung oleh motherboard tersebut.



Processor


Jika sebuah komputer diibaratkan seorang manusia, maka processor adalah otak manusia tersebut. Processor atau CPU (Central Processing Unit) Adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan². Sebelum membeli sebuah processor kalian harus mencari tahu terlebih dahulu socket processor apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, Apakah socket AM2, Socket LGA 775 atau sebagainya.



RAM

RAM Adalah singkatan dari (Random Access Memory) yaitu adalah 
Sebuah komponen yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang kita jalankan dan data terbut digunakan secara acak atau random. Sebelum membeli RAM Kalian Harus Tau terlebih dahulu slot RAM Apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, Apakah itu SDRAM, DDR,DDR2 dan Lain sebagainya


Hard Disk

Hard disk adalah tempat kita menyimpan data. Semakin besar kapasitas Hard disk yang kita miliki maka semakin besar juga kita dapat menyimpan data di dalam komputer tersebut.  Sebelum membeli Hard disk kita harus mencari tahu terlebih dahulu interface hard disk apa yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah ide,scsi atau sata atau lain sebagainya.



Heatsink


Heatsink adalah logam khusus yang terbuat dari alumunium atau juga tembaga yang bertugas mentransfer panas dari processor ,komponen penyerap panas ini bisa digunakan untuk menyerap semua udara berlebihan serta terbuat dari bahan yang mudah menetralisir suhu. Fungsi dari heatsink tersebut adalah membantu kinerja pendinginan pada semua bagian yang terdapat didalam motherboard terutama processor,  semakin luas permukaan komponen tersebut maka akan semakin baik pula proses pendinginannya.

FAN


Adanya heatsink tentunya sudah dipastikan terdapat FAN atau yang sering kita sebut Kipas, pasalnya dua sejoli ini sangat sehati dan saling berkolaborasi satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan antara satu dan lainnya. Kipas tersebut terdapat 2 jenis yang satu adalah FAN yang menempel diatas heatsink, dan adapula fan tambahan yang hanya menyangkut di casing CPU. Fungsi utamanya adalah mengeluarkan dan memasukkan udara segar secara berkala supaya suhu didalam CPU  terdapat terjaga dengan baik. Cara kerja kedua alat ini cukup mengagumkan yaitu heatsink menerima panas secara rata dari processor dan dibuang oleh fan.

Kabel SATA/IDE

Enchaced Integrade Drive Electronic (EIDE)  merupakan sebuah controller hard disk paling umum yang digunakan sudah lama sejak tahun 1990 an. Hard disk IDE masih menggunakan kabel PATA (Paralel Ata) Untuk kabel ata 100 mendukung transfer data hingga 100 Mbps, sedangkan Ata 133  mendukung transfer data hingga 133 Mbps. Didalam mainboar menancap dua kabel IDE  Pada konektor yang disediakan oleh mainboard. Untuk IDE 1 disebut Primary, sedangkan untuk IDE 2 disebut secondary, dan tiap konektor memiliki dua  alat yaitu master dan slave.
 

Kabel SATA

Serial Ata (SATA). Generasi pertama adalah SATA 150 yang mendukung transfer data hingga 150 Mbps. untuk pemakaian biasa tidak ada perfoma yang signifikan antar PATA dan SATA. Hard disk SATA tidak menggunaka konfigurasi Slave/Master.

Power Supply


Ibarat Mobil yang tidak bisa berjalan jika tidak memiliki bahan bakar, maka sebuah komputer tidak akan bisa nyala atau berfungsi jika tidak memiliki power supply atau PSU(Power Supply Unit) ini. Power Supply adalah sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyuplai arus listrik  ke komponen komputer lainnya seperti motherboard, Hard disk,optical disk drive dan lain sebagainya.

Optical Disk Drive


Walaupun tanpa sebuah optical disk drive komputer kita bisa menyala atau berfungsi,
Tetapi rasanya tanpa komponen komputer yang satu ini komputer kita seperti terisolasi dari luar dunia, terisolasi dari dunia luar maksudnya kita akan kesulitan jika meng-copy data, ataumeng-install program, menonton film vcd atau dvd, yang semua tersimpan didalam kepingan Vcd atau Dvd.Optical disk drive ini bisa berupa CD-ROM,DVD-ROM,DVD-RW,Blue-Ray atau lain sebagainya. Untuk membeli sebuah optical disk drive  kalian harus mencari tahu dulu interface yang dimiliki oleh motherboard kalian, apakah IDE atau SATA  dan lain sebagainya.


VGA Card

VGA (Video Graphics Accelerator) berfungsi untuk mengolah data graphis untuk ditampilkan pada layar kerja monitor. VGA memiliki prosessor yang disebut juga dengan GPU (Graphics Processing Unit) dan juga membutuhkan memori.


VGA pertama kali dipasarkan pada tahun 1987 oleh IBM. Meskipun standard VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang tentunya lebih baru. VGA merupakan standar grafis trakhir yang diikuti oleh matoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Sampai sekarang oun tampilan windows masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen kartu grafis dan monitor.

Fungsi dari VGA Card adalah untuk menerjemahkan atau mengubah sinyal digital dari 
komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA digunakan juga untuk menerjemahkan output komputer ke monitor. Bermanfaat untuk menggambar, bermain game, dan lainnya.

LAN CARD
LAN Card adalah, sering disebut juga dengan NIC (Network Interface Card), Ethernet Card, Kartu Jaringan yaitu suatu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan antar komputer dalam sebuah jaringan komputer khususnya jaringan LAN. Definisi LAN (Local Area Network) adalah sebuah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah yang tidak luas misalnya jaringan komputer di dalam suatu gedung, satu ruangan/rumah. jaringank omputer jenis LAN sering sekali di gunakan di kantor, bandara, hotel, warnet, dan sebagainya.

Fungsi LAN card adalah untuk menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang lainnya dalam sebuah jaringan LAN (Local Area Network), melalui LAN ini setiap komputer dapat saling tukar-menukar data maupun seperti mengakses perangkat keras misalnya printer, tentu saja fungsinya untuk dapat saling bertukar informasi antar komputer yang satu dengan yang lainnya. Pada saat ini banyak sekali jenis-jenis serta merek dari Kartu jarinagan yang tersedia di pasaran, untuk dapat menggunakannya tentunya harus kompatible atau cocok dengan motherboard dan menginstal drivernya.



Wireless Card

Wireless merupakan peripheral pada komputer yang berfungsi untuk menghubungkan laptop pada jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. Wireless pada laptop lebih dikenal dengan nama WIFI atau Wireless Fidelity.

ungsi Wireless Card pada laptop yaitu menghubungkan laptop pada jaringan tanpa menggunakan kabel, selain itu wireless juga dapat menerima sinyal dari penrangkat lain agar laptop dapat terhubung ke jaringan komputer atau jaringan internet.

Wireless tidak memerlukan kabel sebagai media perantaranya, akan tetatpi untuk kualitas dari stabilitas data yang masuk lebih bagus jaringan kabel dari pada menggunakan jaringan wireless.









Cukup sekian info dari saya tentang komponen - komponen komputer dan fungsinya,
Mohon maaf jika ada salah - salah kata
wassalamualaikum Wr.Wb 













Related Articles

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.